WORKSHOP PENGEMBANGAN PROFESI SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN ANGKA KREDIT GURU MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 SUKOHARJO

Authors

  • Lailla Hidayatul Amin Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • P Praptiningsih Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Alfian Eko Rochmawan Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.54090/haziq.272

Keywords:

PTK, Media Pembelajaran, Karya Inovatif

Abstract

Bentuk pengembangan profesi yang dilakukan oleh guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Sukoharjo sebagai upaya peningkatan nilai Penetapan Angka Kredit guru adalah mengadakan pelatihan dan pendampingan tentang sub unsur pengembangan profesi. Bentuk  dari kegiatan tersebut adalah Workshop dan Pendampingan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Pengembangan Media Pembelajaran dan Pembuatan Karya Inovatif. Strategi pemberdayaan yang dilakukan pada guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Sukoharjo  adalah: 1) Workshop tentang pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Pengembangan Media Pembelajaran dan Pembuatan Karya Inovatif. 2) Mengadakan kegiatan pendampingan pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, Pengembangan Media Pembelajaran dan Pembuatan Karya Inovatif. Adapun metode partisipasi yang digunakan dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah Community Based Research (CBR).  Survey yang disampaikan kepada 25 guru yang mengikuti pelatihan menunjukkan data 80% merupakan PNS yaitu sekitar 20 orang. Hal inilah yang menjadi pertimbangan pemilihan subyek dampingan. Hasil evaluasi kegiatan pengabdian yang dilaksanakan yaitu: Keahlian dan Kesiapan Narasumber 64% pada kategori baik, Kebermanfaatan materi yang disampaikan 72% pada kategori bermanfaat, Kesesuaian pelaksanaan dengan harapa peserta 64% pada kategori sesuai, Bimbingan yang diberikan mudah dimengerti 64% pada kategori mudah, Perlunya bimbingan berkelanjutan 76% pada kategori perlu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Amin, L. H., Praptiningsih, P., & Rochmawan, A. E. (2023). WORKSHOP PENGEMBANGAN PROFESI SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN ANGKA KREDIT GURU MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 SUKOHARJO. AL HAZIQ: Journal of Community Service, 1(2), 14–18. https://doi.org/10.54090/haziq.272

Issue

Section

Articles