PELATIHAN PENYUSUNAN DAN ANALISIS BUTIR SOAL DI MAHAD AL HUSNAYAIN SURAKARTA

Authors

  • Joko Subando Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Yetty Faridatul Ulfah Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Sri Mulyani Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.54090/haziq.79

Keywords:

Pelatihan, Penyusunan Butir Soal, Analisis Butir Soal

Abstract

Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pelatihan kepada guru tentang teknik menyusun soal dan analisis butir soal. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan dengan pelatihan dan diskusi. Kegiatan pelatihan diikuti oleh 43 orang guru Mahad Al Husnayain yang dilaksanakan pada hari jumat tanggal 1 Juli 2022. Hasil yang diperoleh terjadi peningkatan pemahaman tentang konsep evaluasi yang signifikan hal ini didasarkan oleh uji Wilcoxon dengan nilai z= -5.586 dengan nilai sign=0,000(<0,05). Rata-rata pengetahuan guru meningkat dengan skor sebelum pelatihan sebesar 23,5122 dan sesudah pelatihan 31,0244. Pemahaman guru yang mengalami peningkatan yaitu pengetahuan guru tentang perbedaan penilaian, pengukuran dan evaluasi, pengetahuan tentang pengukuran ranah kognitif, prosedur penyusunan soal, teknik penyusunan soal, analisis butis soal dan pengembangan bank soal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Subando, J., Faridatul Ulfah, Y., & Mulyani, S. (2022). PELATIHAN PENYUSUNAN DAN ANALISIS BUTIR SOAL DI MAHAD AL HUSNAYAIN SURAKARTA. AL HAZIQ: Journal of Community Service, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.54090/haziq.79

Issue

Section

Articles