IMAM GHOZALI’S TEACHING PRINCIPLES

Authors

  • Siti Rokhimah Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta, Indonesia
  • Mulyanto Abdullah Khoir Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta, Indonesia
  • Muhammad Isa Anshory Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta, Indonesia

Keywords:

Education, Teaching Principles

Abstract

Pekerjaan besar bagi bangsa Indonesia adalah aspek pendidikan yang belum mampu memberikan hasil seperti yang diinginkan. Terutama dalam keseimbangan hasil belajar sesuai tujuan pendidikan yaitu mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Imam Al Ghozali adalah sember inspirasi atas pemikiran-pemikiran tentang konsep Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran-pemikiran Al Ghozali dalam prinsip mengajar. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-eksploratif. Sumber data primer berasal dari buku Imam Ghozali “Ihya’ ‘ulum Ad Dien”. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen lain yang berkaitan dengan fokus penelitian seperti jurnal, buku-buku, atau artikel. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Analisis dilakukan dengan pembahasan yang mendalam terhadap isi yang tertulis pada sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prinsip-prinsip mengajar menurut Al-Ghozali adalah: 1) guru memiliki perasaan kasih sayang terhadap siswa; 2) sifat jujur dan tekun dalam belajar; 3) kewibawaan guru dan sifat tawadhu’ siswa; 4) guru memiliki dan menghormati ilmu yang luas; 5) proses pendidikan harus bertahap; 6) guru memahami kemampuan siswa; dan 7) memantau dan mendampingi siswa.

Downloads

Published

2023-08-31