Abstract
Kegiatan berjamaah dalam Islam tidak hanya bernilai ibadah, tetapi juga berfungsi sebagai fondasi untuk memperkuat ukhuwah, kedisiplinan, dan interaksi sosial umat. Namun, perkembangan gaya hidup individualistis telah menyebabkan penurunan partisipasi di masjid, melemahkan perannya sebagai pusat spiritual dan sosial. Kondisi ini mendorong perlunya strategi komunikasi persuasif yang efektif. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini bertujuan menganalisis upaya komunikasi persuasif Majelis Taklim (MT) Al-Ukhuwah dalam meningkatkan kesadaran berkegiatan secara berjamaah di Masjid Al-Barokah. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan analisis tematik berbasis kerangka McGuire’s Persuasion Matrix serta divalidasi menggunakan triangulasi data dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengurus MT Al-Ukhuwah berhasil meningkatkan kesadaran jamaah melalui beberapa elemen persuasif kunci. Kredibilitas pengurus dan ustadz menjadi faktor utama yang membangun kepercayaan. Konstruksi pesan dakwah yang relevan dengan kebutuhan jamaah mendorong partisipasi aktif. Variasi saluran komunikasi, dari mimbar hingga kegiatan sosial, efektif menjangkau ranah kognitif, afektif, dan perilaku. Integrasi tujuan spiritual dan sosial ini terbukti berhasil membangun solidaritas dan kesadaran kolektif. Berdasarkan kerangka teori McGuire, dapat disimpulkan bahwa strategi dakwah persuasif yang relevan, kredibel, dan partisipatif merupakan instrumen efektif untuk meningkatkan partisipasi jamaah, memperkuat kohesi sosial, dan membangun kepercayaan institusional dalam komunitas keagamaan.
References
Albarracin, D., & Shavitt, S. (2018). Attitudes and Attitude Change. Annual Review of Psychology, 69(1), 299–327. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-122216-011911
Alhasbi, F., & Amri, S. (2020). Kemungkinan Elaborasi: Kualitas sebagai Pesan dalam Mempengaruhi Kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali. Source: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2). https://doi.org/10.35308/source.v6i2.2558
Alhasbi, F., Fathurrahman, M., & Ahmad, A. A. M. (2024). Agama sebagai Anugerah Semesta: Memahami Makna Islam Rahmatan lil ’ Alamin. Pawarta: Journal of Communication and Da’wah, 2(2), 113–131. https://doi.org/10.54090/pawarta.718
Alhasbi, F., & Kertamukti, R. (2018). Creative Branding Strategy Developing Brand Identity Strategy of Tribun Jogja. Proceedings of the International Conference on Media and Communication Studies (ICOMACS 2018). https://doi.org/10.2991/icomacs-18.2018.68
Alhasbi, F., Ramli, Asfar, A., Setyaningsih, R., Ismail, K., Harahap, T. K., Pratikna, R. N. R. N., Rachmawati, F., Agustiningsih, G., Sanjaya, R., Lestari, S., Nurliyani, Oktaviani, D. D., & Rakhman, C. U. (2023). Pengantar Ilmu Komunikasi. In Penerbit Tahta Media (1st ed., Issue SE-Katalog Buku). Tahta Media Group. http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/40
Arnold, J., Bailey, C. P., Evans, W. D., & Napolitano, M. A. (2022). Application of McGuire’s Model to Weight Management Messages: Measuring Persuasion of Facebook Posts in the Healthy Body, Healthy U Trial for Young Adults Attending University in the United States. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(21), 14275. https://doi.org/10.3390/ijerph192114275
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications, Inc.
Dominic, E. D., Mahamed, M., & Erica Ogodo, A. (2025). Source Credibility as a Catalyst: Unraveling its Role in Shaping Strategic Communication Acceptability (SCA). International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 15(2). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v15-i2/24688
Farel, A., & Yuniarti, D. (2022). Reputasi tokoh agama di pesantren dan pengaruhnya terhadap partisipasi jamaah: Studi di Jawa Timur. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 8(1). https://doi.org/10.1234/jdki.v8i1.5678
Golan, G., Morehouse, J., & English, A. E. (2021). Building relationships with the faithful: examining church communicators perceptions of social media influencers in their OPR strategy. Journal of Public Relations Research, 33(4), 250–266. https://doi.org/10.1080/1062726X.2021.2011729
Hernanda, M. R. B., Rozas, I. S., & Hunaida, W. L. (2024). Dampak Disrupsi Teknologi terhadap Budaya Islami di Indonesia: Analisis melalui Framework Digital Quotient. SATESI: Jurnal Sains Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(2), 172–182. https://doi.org/10.54259/satesi.v4i2.3130
Hidayat, A., Al-Aziz, M. A., Imyansah, M. U., Marzila, L., & Wismanto, W. (2024). Masjid sebagai Sentral Komunikasi Sosial dalam Penyebaran Informasi untuk Mendukung Pembangunan Masyarakat Islam. Moral : Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(4), 51–60. https://doi.org/10.61132/moral.v1i4.214
Karim, R. (2023). Strategi Komunikasi Dakwah Masjid Perkotaan: Studi Kasus Kegiatan Dakwah di Masjid Daarut Tauhiid Kota Bandung [Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung]. https://digilib.uinsgd.ac.id/77705/
Kuipers, N., Mujani, S., & Pepinsky, T. (2021). Encouraging Indonesians to Pray From Home During the COVID-19 Pandemic. Journal of Experimental Political Science, 8(3), 211–222. https://doi.org/10.1017/XPS.2020.26
Kumbara, E. H., & Fauzan, A. (2021). Contextualizing Islamic preaching for social relevance: A study of pesantren-based da’wah. Journal of Islamic Communication, 6(1), 45–60. https://doi.org/10.21043/jic.v6i1.11232
Kusuma, D. (2018). Pembentukan Karakter Religius melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah. Jurnal Kewarganegaraan, 2(2), 34–40.
Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2017). Theories of Human Communication (11th ed.). Waveland Press, Inc.
Mantik, A., Romli, K., Yanti, F., & Fauzi, F. (2021). Creative Economy-Based Da’wah Approach: in the Deaf Community in Lampung. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 15(1), 17–42. https://doi.org/10.15575/idajhs.v15i1.9683
McGuire, W. J. (2001). Input and Output Variables Currently Promising for Constructing Persuasive Communications. In Public Communication Campaigns (pp. 22–48). SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781452233260.n2
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publication, Inc.
Nikmah, F. (2020). Digitalisasi dan Tantangan Dakwah di Era Milenial. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(1), 45. https://doi.org/10.18592/msr.v2i1.3666
Nurjanah, S., & Zulkarnaen, I. (2022). Pendampingan Masyarakat melalui Peningkatan Fungsi Masjid sebagai Penguat Ukhuwah Islamiyah dan Pendidikan Islam Berbasis Nilai-nilai Religius di Desa Aengdake Bluto Sumenep. ABDINA: Jurnal Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.28944/abdina.v1i1.547
O’Keefe, D. J. (2016). Persuasion: Theory and research (3rd ed.). SAGE Publications.
Perloff, R. M. (2020). The Dynamics of Persuasion. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429196959
Prerianda, N. A., Fajri, R. N. I., Karimah, N. A., Salsabila, I., Kholifatunnisa’, K., & Hidayah, R. K. (2024). The Ukhuwah Paradigm in The Regulation on Majelis Taklim in Indonesia. TATHO: International Journal of Islamic Thought and Sciences, 70–84. https://doi.org/10.70512/tatho.v1i2.25
Putra, M. D., Afandi, M. Y., Fadilla, S., Mansur, M., & Argantara, Z. R. (2024). Budaya Berbagi dalam Filantropi Islam: Kajian atas Praktik Kedermawanan di Komunitas Muslim. Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 6(2), 149. https://doi.org/10.31958/istinarah.v6i2.13513
Rona, A. R., Syarifudin, A., & Hamandia, M. R. (2024). Komunikasi Islam dalam Pembinaan Praktek Ibadah Kemasyarakatan pada Jama’ah Masjid Muqoddimatul Hidayah Talang Kelapa Palembang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(4), 8. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i4.853
Saleh, S. P., Cangara, H., Sabreen, S., & Ab, S. (2022). Digital Da’wah Transformation: Cultural and Methodological Change of Islamic Communication in the Current Digital Age. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 05(08), 2033–2043. https://doi.org/10.47191/ijmra/v5-i8-18
Syarif, M. (2018). Dakwah di Era Modern: Membangun Komunikasi Persuasif. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 1–15.
Umah, K. A., & Alfiyah, A. (2023). Rekonstruksi Peran Dan Fungsi Masjid Sebagai Ruang Publik. Al-Musthofa: Journal of Sharia Economics, 6(2), 175–190. https://doi.org/10.58518/al-musthofa.v6i2.2206
Wandira, L. A. P., & Pujiningsih, S. (2024). Strategi Retorika Naratif Laporan Keberlanjutan Perusahaan Pertambangan. Jurnal Akademi Akuntansi (JAA), 7(2), 176–188. https://doi.org/10.22219/jaa.v7i2.28842
Widoyo, A. F. (2025). Kapitalisme Global dan Media Dakwah: Tinjauan atas Pengaruh Kapitalisme Global Terhadap Media Massa Radio sebagai Wahana Peayiaran Dakwah Islam. Spektra: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 123–133. https://doi.org/10.34005/spektra.v7i1.4557
Yaqin, H., Rosyidah, F. U., & Azisi, A. M. (2022). Pandemi, New Normal, dan Liminalitas Kehidupan Beragama di Jawa Timur. Jurnal Sosiologi Agama, 16(1), 37–54. https://doi.org/10.14421/jsa.2022.161-03
Yilmaz, I. (2021). Identity, religiosity and persuasion in Muslim communities: A sociological approach. Journal of Religion and Society, 23(1), 45–62. https://doi.org/10.7146/jrs.v23i1.125998
Yuliana, S. (2022). Peran Majelis Taklim dalam Penguatan Spiritual dan Sosial Keagamaan Masyarakat. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 7(1), 45–60. https://doi.org/10.24042/jdk.v7i1.12120

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright (c) 2025 Arif Budiman, Faruq Alhasbi, Agus Fatuh Widoyo