PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR TAHFIDZUL QUR’AN SISWA KELAS III PROGRAM KHUSUS MI AL AMIN SINONGKO, KARANGANYAR

Authors

  • Ahmad Suparno Basri Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Arif Effendi Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Muhammad Fatchurrohman Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.54090/alulum.127

Keywords:

Tingkat Pendidikan Orang Tua, Prestasi Belajar, Tahfidzul Qur’an

Abstract

Variabel independen (x) dalam penelitian ini adalah tingkat pendidikan orang tua, sedangkan variabel dependen ((variabel y) adalah pencapaian pembelajaran Tahfidzul Qur'an. Populasi penelitian ini adalah 12 dan sampel penelitian adalah 12 responden Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen yang berisi kuesioner yang terdiri dari 9 item pertanyaan dan didistribusikan kepada orang tua, menguji validitas instrumen menggunakan formula momen produk. Tentukan tingkat pendidikan orang tua dan pencapaian pembelajaran Tahfidzul Qur'an. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orang tua adalah 71,25. Nilai empiris antara 0,800 hingga 1.000. ro rt pada tingkat signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X mempengaruhi variabel Y.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Basri, A. S., Effendi, A. ., & Fatchurrohman, M. . (2023). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR TAHFIDZUL QUR’AN SISWA KELAS III PROGRAM KHUSUS MI AL AMIN SINONGKO, KARANGANYAR. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.54090/alulum.127

Issue

Section

Articles