PENERAPAN METODE DUQQOH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-ALIM SEGAWE PURWOSARI WONOGIRI

Authors

  • Aulia Nurohmah Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Edy Muslimin Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Ahans Mahabie Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Meti Fatimah Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.54090/alulum.128

Keywords:

Metode Duqqoh, Pembelajaran, Membaca Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana penerapan metode Duqqoh, kelebihan dan kekurangannya dalam belajar membaca Al -Qur'an. Studi ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Duqqoh di kelas 1-3. Informan penelitian adalah kepala sekolah madrasa, guru agama Islam, guru seni dan guru wali kelas untuk kelas 1-3. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman yang mencakup pengurangan data, presentasi data dan gambar kesimpulan. Hasil penelitian ini: 1) Metode Duqqoh diterapkan dengan lagu, beat, prinsip pengulangan dan menggunakan model pembelajaran langsung yang berpusat pada guru, 2) Metode Duqqoh memiliki kelebihan bahwa mudah bagi siswa untuk diingat karena mereka belajar Al -Qur'an dengan menyanyi dan menggunakan ketukan untuk membuat membaca lebih mudah untuk presisi, dan 3) kerugian yang dianggap sudah ketinggalan zaman karena diintegrasikan dengan budaya dan hanya dimaksudkan untuk orang Jawa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Nurohmah, A., Muslimin, E. ., Mahabie, A. ., & Fatimah, M. (2023). PENERAPAN METODE DUQQOH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-ALIM SEGAWE PURWOSARI WONOGIRI. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 10–25. https://doi.org/10.54090/alulum.128

Issue

Section

Articles