PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH MATERI HAJI SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH SIDOKERTO PLUPUH SRAGEN
DOI:
https://doi.org/10.54090/alulum.129Keywords:
Metode Talking Stick, Hasil Belajar, FiqihAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa Kelas V MI Muhammadiyah Sidokerto Plupuh Sragen Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan tiga siklus, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah Sidokerto Plupuh Sragen tahun 2021/2022 yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa lembar observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, hasil belajar siswa per siklus. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dari hasil pembelajaran Pra Siklus hanya 10 orang (36%) yang tuntas SKBM, dan 18 orang (64%) belum tuntas. Pada Siklus I hanya 15 orang (54%) yang tuntas, dan 13 orang (%) belum tuntas, dari Siklus II yang tuntas sebanyak 18 orang (64%) dan yang belum tuntas hanya 10 orang (36%), sedangkan pada Siklus III yang tuntas sebanyak 25 orang (89%) dan yang tuntas sebanyak 3 orang (11%) belum selesai. Dari peningkatan hasil belajar tersebut, penelitian tindakan kelas ini dihentikan pada Siklus III karena telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hasna Alivvia, Laila Hidayatul Amin, Iffah Mukhlisah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.