PERAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM UPAYA PEMBENTUKKAN KARAKTER TERPUJI TERHADAP SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA

Authors

  • Lufi Azizah Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • M Mujiburrohman Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • P Praptiningsih Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.54090/alulum.130

Keywords:

Peran Guru, Guru Sejarah Budaya Islam, Membangun Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peran guru dalam penerapan sejarah budaya Islam untuk siswa di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian ini adalah guru sejarah budaya Islam dan siswa sekolah menengah pertama kelas 1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini menggunakan analisis data melalui pengurangan data, tampilan data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru adalah sebagai mitra, sumber daya, dan teman. 1) Guru selalu mengajar dan melatih anak -anak, 2) guru selalu mengajar dan melatih anak -anak untuk membiasakan diri menjaga mulut mereka, 3) guru selalu mengajar dan melatih anak -anak untuk bersikap sopan, dan saling menghormati oleh siapa saja, 4) yang disampaikan guru Kepada anak -anak sehingga ketika lewat di depan orang tua, 5) guru menyampaikan 3 pesan Rasulullah yang dilihat kepada siswa, yaitu untuk selalu meningkatkan moral, menyebarkan cinta, dan menjadi manusia yang berguna, 6) guru menyampaikan 3 pesan Sunan Kalijaga.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Azizah, L., Mujiburrohman, M., & Praptiningsih, P. (2023). PERAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM UPAYA PEMBENTUKKAN KARAKTER TERPUJI TERHADAP SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39–51. https://doi.org/10.54090/alulum.130

Issue

Section

Articles