PERAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM UPAYA PEMBENTUKKAN KARAKTER TERPUJI TERHADAP SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.54090/alulum.130Keywords:
Peran Guru, Guru Sejarah Budaya Islam, Membangun KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peran guru dalam penerapan sejarah budaya Islam untuk siswa di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian ini adalah guru sejarah budaya Islam dan siswa sekolah menengah pertama kelas 1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini menggunakan analisis data melalui pengurangan data, tampilan data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru adalah sebagai mitra, sumber daya, dan teman. 1) Guru selalu mengajar dan melatih anak -anak, 2) guru selalu mengajar dan melatih anak -anak untuk membiasakan diri menjaga mulut mereka, 3) guru selalu mengajar dan melatih anak -anak untuk bersikap sopan, dan saling menghormati oleh siapa saja, 4) yang disampaikan guru Kepada anak -anak sehingga ketika lewat di depan orang tua, 5) guru menyampaikan 3 pesan Rasulullah yang dilihat kepada siswa, yaitu untuk selalu meningkatkan moral, menyebarkan cinta, dan menjadi manusia yang berguna, 6) guru menyampaikan 3 pesan Sunan Kalijaga.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lufi Azizah, M Mujiburrohman, P Praptiningsih, Meti Fatimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.