PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MEMBACA MENULIS AL QUR’AN (MMA) UNTUK MENINGKATKAN BACAAN AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.54090/alulum.131Keywords:
Ekstrakurikuler, Membaca Menulis Al Qur’an, Peningkatan BacaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler MMA (Membaca Menulis Al-Qur'an). Penelitian ini termasuk dalam deskriptif kualitatif karena menjelaskan fenomena yang peneliti alami secara langsung. Subjek penelitian ini adalah koordinator guru pendidikan agama Islam (PAI) dan guru pendukung kegiatan ekstrakurikuler MMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan beberapa analisis data, antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler MMA (Membaca Menulis Al-Qur'an) dilaksanakan pada pembelajaran terakhir di sekolah, dalam satu kali pertemuan selama seminggu, dengan durasi waktu sembilan puluh menit untuk setiap pertemuan. dan pelaksanaan MMA ini juga mengalami berbagai kendala yang terkadang masih rendahnya keinginan siswa untuk melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler MMA, kurangnya media audio visual dalam pelaksanaan kegiatan MMA dan kurangnya waktu yang tersedia pada saat kegiatan ekstrakurikuler. Guru dapat mengatasi permasalahan tersebut, dengan cara 1) guru membentuk pembelajaran kelompok, 2) guru memberikan berbagai tartili atau alat peraga untuk memudahkan siswa, 3) guru melatih keterbukaan siswa untuk memfasilitasi pendekatan emosional, 3) guru melakukan program berpasangan setelah itu mencerminkan, 4) guru melatih keseriusan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler MMA, 5) dan guru mempunyai target produk yang akan dicapai siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lutfia Salsabila, Nur Hidayah, Alfian Eko Rochmawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.