IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN TAHFIDZUL QUR'AN AL-BUSYRO SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.54090/alulum.139Keywords:
Implementasi nilai, Pendidikan Agama Islam, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) nilai-nilai pendidikan Islam dan (2) implementasinya pada anak usia dini di Taman Tahfidzul Qur’an Al-Busyro surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia dini di Taman Tahfidzul Qur'an Al-Busyro Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Untuk analisis datanya menggunakan analisis diagram alir. Berdasarkan penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang diterapkan pada anak usia dini di tahfidzul qur 'an Al-Busyro Surakarta meliputi nilai keimanan, ibadah dan akhlaq; (2) Implementasi pendidikan nilai Islam pada anak usia dini didukung dengan materi pendidikan Islam yang meliputi Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Ibadah, Akhlaq, Siroh serta kosakata bahasa Arab dan Inggris. Agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien guru menggunakan berbagai metode pendidikan Islam, media pembelajaran sebagai pedoman belajar dan melakukan penelitian parenting kepada orang tua.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Shofia Nurul Azizah, S Syamsuddin, S Sulistyowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.