IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN TAHFIDZUL QUR'AN AL-BUSYRO SURAKARTA

Authors

  • Shofia Nurul Azizah Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • S Syamsuddin Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • S Sulistyowati Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.54090/alulum.139

Keywords:

Implementasi nilai, Pendidikan Agama Islam, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) nilai-nilai pendidikan Islam dan (2) implementasinya pada anak usia dini di Taman Tahfidzul Qur’an Al-Busyro surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia dini di Taman Tahfidzul Qur'an Al-Busyro Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Untuk analisis datanya menggunakan analisis diagram alir. Berdasarkan penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang diterapkan pada anak usia dini di tahfidzul qur 'an Al-Busyro Surakarta meliputi nilai keimanan, ibadah dan akhlaq; (2) Implementasi pendidikan nilai Islam pada anak usia dini didukung dengan materi pendidikan Islam yang meliputi Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Ibadah, Akhlaq, Siroh serta kosakata bahasa Arab dan Inggris. Agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien guru menggunakan berbagai metode pendidikan Islam, media pembelajaran sebagai pedoman belajar dan melakukan penelitian parenting kepada orang tua.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Nurul Azizah, S., Syamsuddin, S., & Sulistyowati, S. (2023). IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN TAHFIDZUL QUR’AN AL-BUSYRO SURAKARTA. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 105–119. https://doi.org/10.54090/alulum.139

Issue

Section

Articles