PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH PADA KELAS IV-B SD ISLAM AMANAH UMMAH SURAKARTA

Authors

  • Whiwin Nur Khasanah Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Joko Subando Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • S Sugiyat Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.54090/alulum.140

Keywords:

Model Pembelajaran, Index Card Match, Pelajaran Fiqh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model konvensional dan model Index Card Match terhadap hasil belajar pada pembelajaran fiqih di kelas IV-B SD Islam Amanah Ummah Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimental. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV-B yang berjumlah 26 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Tes yang dilakukan meliputi: pre-test dan post-test sebanyak 20 soal pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji beda berpasangan (paired sample t-test). Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) Hasil belajar fiqih siswa yang diberi model pembelajaran konvensional di kelas IV-B SD Islam Amanah Ummah Surakarta memperoleh nilai rata-rata 71,9. 2) Hasil belajar fiqih yang diajarkan dengan model Index Card Match di kelas IV-B SD Islam Amanah Ummah memperoleh nilai rata-rata 86,1. Hal ini juga dibuktikan dengan uji hipotesis dimana nilai thitung sebesar 5,712 > ttabel 1,7081 dan Sig. nilai (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Index Card Match berpengaruh dan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar fiqih siswa kelas IV-B SD Islam Amanah Ummah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Nur Khasanah, W., Subando, J., & Sugiyat, S. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH PADA KELAS IV-B SD ISLAM AMANAH UMMAH SURAKARTA. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 120–127. https://doi.org/10.54090/alulum.140

Issue

Section

Articles