STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO

Authors

  • Akhmad Royhan Mahfudi Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Joko Subando Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Agus Fatuh Widoyo Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.54090/alulum.254

Keywords:

Strategi, Guru PAI, Keaktifan Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kegiatan apa saja yang dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode ceramah dan metode diskusi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas X1 di SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan fokus pada analisis deskriptif, lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo, subjek penelitiannya adalah guru pendidikan agama Islam dan siswa kelas X1 SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan triangulasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ceramah dapat meningkatkan aktivitas siswa, namun masih terdapat jenis aktivitas yang tidak dapat ditingkatkan seperti aktivitas mental dan aktivitas emosional. Metode diskusi dapat meningkatkan keaktifan siswa. Dalam diskusi ini rata-rata siswa dapat meningkatkan aktivitasnya dengan menggunakan metode diskusi, sedangkan jenis aktivitas yang dapat ditingkatkan adalah aktivitas visual, aktivitas lisan, aktivitas mendengarkan, aktivitas menulis, aktivitas mental, dan aktivitas emosional.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-11

How to Cite

Mahfudi, A. R. ., Subando, J., & Widoyo, A. F. . (2023). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 171–181. https://doi.org/10.54090/alulum.254

Issue

Section

Articles