PENGARUH BIMBINGAN GURU PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PAI KELAS XI MIPA 2 SMA MTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Puji Ardianto Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Mukhlis Faturrahman Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • Alfian Eko Rochmawan Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.54090/alulum.281

Keywords:

Bimbingan Guru, Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar

Abstract

Bimbingan guru merupakan suatu proses yang dilakukan guru untuk membantu memecahkan permasalahan dan mendorongnya mencapai potensi maksimalnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bimbingan guru kepada siswa dalam pembelajaran PAI, (2) mengetahui prestasi belajar siswa, dan (3) mengetahui pengaruh bimbingan guru terhadap prestasi belajar siswa di kelas XI MIPA 2 SMA MTA Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi sebagai penunjang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi untuk mengetahui pengaruh Variabel (X) terhadap Variabel (Y). Metode yang digunakan adalah metode penelitian korelasional. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara Variabel (x) dan Variabel (Y). Sebab, hasil yang diperoleh dari Uji Product Moment adalah nilai r hitung sebesar 0,564 dan nilai r tabel sebesar 0,374. Kriteria r hitung > r tabel. Dengan demikian Ha diterima karena terdapat pengaruh antar variabel. Selanjutnya dari perhitungan koefisien diketahui nilai r square sebesar 0,564. Oleh karena itu, pengaruh bimbingan guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 35% berada pada kategori Sedang/Cukup.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-11

How to Cite

Ardianto, P., Faturrahman, M. ., & Rochmawan, A. E. . (2023). PENGARUH BIMBINGAN GURU PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PAI KELAS XI MIPA 2 SMA MTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023. Al’ulum Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 191–199. https://doi.org/10.54090/alulum.281

Issue

Section

Articles