PENGARUH HAFALAN Al-QUR’AN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPIT AZ-ZAHRA KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2022-2023
DOI:
https://doi.org/10.54090/alulum.288Keywords:
Hafalan Qur’an, Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur'an terhadap hasil belajar siswa, pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, dan pengaruh hafalan Al-Qur'an dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di SMPIT Az-Zahra Kabupaten Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMPIT Az-Zahra Kabupaten Sragen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Uji prasyarat menggunakan uji nomalitas data. Pengujian hipotesis menggunakan uji parsial dan uji simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y sebesar 0,037 < 0,05 dan nilai Fhitung 3,738> Ftabel 3,35 bahwa terdapat pengaruh antara hafalan Al-Qur'an dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada SMPIT Az-Zahra Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2022/2023.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yasmin Auliya Nur Syamsi, Sukari, Sugiyat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



