PENGARUH HAFALAN Al-QUR’AN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPIT AZ-ZAHRA KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2022-2023

Authors

  • Yasmin Auliya Nur Syamsi Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • S Sukari Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta
  • S Sugiyat Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.54090/alulum.288

Keywords:

Hafalan Qur’an, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur'an terhadap hasil belajar siswa, pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, dan pengaruh hafalan Al-Qur'an dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di SMPIT Az-Zahra Kabupaten Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMPIT Az-Zahra Kabupaten Sragen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Uji prasyarat menggunakan uji nomalitas data. Pengujian hipotesis menggunakan uji parsial dan uji simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y sebesar 0,037 < 0,05 dan nilai Fhitung 3,738> Ftabel 3,35 bahwa terdapat pengaruh antara hafalan Al-Qur'an dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada SMPIT Az-Zahra Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-11

How to Cite

Syamsi, Y. A. N., Sukari, S., & Sugiyat, S. (2023). PENGARUH HAFALAN Al-QUR’AN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMPIT AZ-ZAHRA KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2022-2023. Al’ulum Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 225–235. https://doi.org/10.54090/alulum.288

Issue

Section

Articles